Monday, December 24, 2012

Bagian-bagian Komputer


Bagian-Bagian Komputer telah dibagi menjadi beberapa bagian :
  • Monitor
  • CPU
  • Printer
  • Speaker
  • Keyboard
  • Mouse
Bagian-bagian ini saling dihubungkan dan menjadi suatu kesatuan :
  1. Monitor : Dihubungkan dengan Stop Kontak dan CPU
  2. CPU : Dihubungkan dengan Stop kontak dan Monitor
  3. Mouse : Dihubungkan dengan CPU
  4. Speaker : Dihubungkan dengan CPU dan Stop kontak
  5. Printer : Dihubungkan dengan CPU dan Stop Kontak
  6. Keyboard : Dihubungkan dengan CPU
Ini Penjelasan tentang Bagian-Bagian tersebut :
  • Monitor

Pengertian monitor komputer

Monitor Komputer

Adalah sebuah media output/ alat pengeluaran berbentuk gambar visual yang berasal dari sinyal elektronik komputer.
Karena merupakan media visualisasi tampilan sistem operasi,
penggunaan  monitor pada komputer atau laptop memiliki peranan yang sangat  penting dalam menampilkan pemrosesan data dan hasil dari pemrosesan tersebut.
Setiap merek, tipe dan ukuran monitor memiliki resolusi yang berbeda-beda. 
Resolusi inilah yang menentukan ketajaman gambar yang tampil pada monitor. 
Sedangkan untuk jenis-jenisnya, monitor dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya:

1.      1.  Monitor Tabung sinar kathoda

Monitor ini merupakan sebuah tabung penampilan data pemrosesan komputer yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi, dan oskiloskop. 
Monitor tipe ini ditemukan oleh Karl Ferdinand Braund, dan dikembangkan oleh kerja dari Philo Farnsworth. 
Layar seperti ini banyak dipakai oleh pesawat televise hingga akhir abad ke 20-an dan merupakan dasar pengembangan dari layar plasma, LCD dan teknologi TV lainnya.

2.      2.  Monitor LCD

Monitor LCD adalah sebuah jenis media visual yang menggunakan Kristal cair sebagai penampil utamanya.
 Layar LCD ini digunakan pada berbagai alat elektronik, seperti televise, kalkulator, hp dan layar komputer. 
Layar  LCD saat ini telah mendominasi pemakaian layar pada komputer meja maupun notebook,
karena memiliki keunggulan yakni membutuhkan daya listrik rendah, bentuk tipis, mengeluarkan sedikit
 panas dan memiliki tingkat resolusi yang tinggi



Monitor plasma adalah layar datar emisif yang cahaya tampilannya dihasilkan oleh phosphor 
yang tereksitasi oleh sebuah  pelepasan muatan plasma.
Sedangkan gas yang dilepaskan tidak mengandung merkuri 

4. Monitor OLED ( Organic Light Emitting Diode)
Monitor OLED adalah layar yang menggunakan sebuah bahan semikonduktor sebagai
pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. 
OLED ini banyak digunakan pada teknologi eletroluminensi seperti pada aplikasi layar dan sensor.

  • CPU

CPU, singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.

Pin mikroprosesor Intel 80486DX2.
Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut:
Unit kontrol (Control Unit)
Unit kontrol ini adalah bagian dari prosesor yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU (Aritmathic Logic Unit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:

• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
• Mengawasi kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.

Register
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. jika dianalogikan, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

ALU
ALU merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).

* CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.

Cara Kerja CPU

Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

Fungsi CPU

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.
Bagian-bagian Komputer adalah :
  • Papan Motherboard
  • Papan Pentium
  • Land Card
  • VGA Card
  • Floppy Disc
  • Hard Disc
  • CD-Room
  • Memori
  • ISA
  • PCI
  • AGP
  • Baterai
  • RAM
  • ROM
  • Kipas Pendingin
  • Power Supply 

  • Printer




Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.

berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai ketiga jenis printer tersebut.

Jenis Printer Dot Matrik
jenis printer dot metrix

jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain.

Jenis Ink Jet
jenis printer ink jet

Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.
Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.

Jenis Laser Jet
jenis printer laset jet

Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada mesin photo copy.
  • Speaker




Secara umum pengertian speaker adalah perangkat elektronika yang terbuat dari logam dan
 memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akan mengeluarkan bunyi, demikian juga sebaliknya. Fungsi tiap bagian pada speaker saling terkait satu sama lain.



Fungsi speaker secara keseluruhan adalah mengubah gelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang suara atau getaran. Proses pengubahan gelombang elektromagnet menjadi gelombang bunyi tersebut dapat terjadi karena aliran listrik dari penguat audio dialirkan kedalam kumparan dan terkena pengaruh gaya magnet pada speaker, sesuai dengan kuat lemahnya arus listrik yang diterima, maka getaran yang dihasilkan pada membran akan mengikuti dan jadilah gelombang bunyi yang dapat kita dengarkan.

SpeakerPada umumnya jenis speaker ada tiga macam berdasarkan tinggi rendah bunyi yang dihasilkannya. Speaker dengan keluaran nada rendah biasa disebut woofer, speaker yang menghasilkan bunyi vokal atau nada menengah disebut midrange, sedangkan speaker dengan bunyi keluaran nada tinggi disebut twitter.

Speaker yang kita jumpai pada perangkat komputer pada umumnya sudah dilengkapi dengan audio sistem yang ada didalamnya. Sedangkan speaker pada pesawat radio, televisi, dan perangkat lainnya biasanya berupa speaker terpisah tanpa penguat audio.

  • Keyboard



Keyboard komputer Adalah salah satu bagian yang paling penting dari sebuah komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah, teks, data numerik dan jenis-jenis data dengan menekan tombol padakeyboard.

Seorang pengguna berbicara dengan komputer melalui perangkat input seperti keyboard dan mouse. Perangkat input digunakan untuk memasukkan data ke komputer. Data yang dimasukkan kemudian diubah ke dalam bahasa mesin sehingga CPU mengerti data atau instruksi datang melalui alat input.

Desain Keyboard
Keyboard sebagian besar komputer memiliki eksterior plastik dan serangkaian tombol plastik yang bergerak secara independen. Kurung plastik kecil jangkar tombol-tombol di tempat di atas sebuah papan sirkuit yang ditutupi dalam membran karet kedap air. Sebagian besar produsen keyboard yang menggunakan desain yang menampilkan kubah karet kecil di bawah setiap tombol. Sisi ini kubah cukup fleksibel untuk memungkinkan kunci mudah menekan tapi cukup kuat untuk memaksa masing-masing kembali kunci ke posisi semula setelah menekan. Pusat-pusat ini kubah yang kaku dan sering terbuat dari karbon, yang memungkinkan mereka untuk menyelesaikan sirkuit listrik terpisah ketika mereka ditekan. Sebuah sirkuit terpisah diposisikan di bawah setiap tombol pada papan sirkuit. Beberapa keyboard pricier fitur desain yang lebih tahan lama dengan kemampuan keystroke lebih tepat. Disebut keyboard kapasitif, desain ini tidak fitur sirkuit listrik yang pernah benar-benar selesai. Sebaliknya, matriks keyboard yang diberi aliran listrik konstan yang merata di antara tombol. Ketika tombol ditekan, sebuah elektroda di bagian bawah tombol tersebut akan dipindahkan lebih dekat ke bawah sirkuit yang lebih besar panel, menyebabkan lonjakan daya dalam bagian salah satu matriks keyboard. Meskipun sirkuit tidak pernah sepenuhnya selesai, keyboard mampu mengenali lonjakan listrik dan penentuan lokasinya di matriks.


Input Data
Ketika tombol ditekan, ia akan mengirimkan sinyal listrik ke prosesor yang dibangun ke dalam keyboard. Hal ini dapat terjadi ketika sebuah rangkaian listrik selesai, seperti dalam kasus desain kubah karet, atau dapat terjadi bila gelombang listrik terjadi pada keyboard kapasitif. Tetapi ketika sinyal ini mencapai prosesor, prosesor ini tidak segera menyadari surat yang sebenarnya, jumlah simbol yang telah diinput. Hanya menyadari lokasi tombol ditekan pada grid keyboard. Untuk menentukan karakter penggunakeyboard yang diinginkan, lokasi di grid dibandingkan dengan peta karakter yang tersimpan dalam memorikeyboard. Sebuah pertandingan antara lokasi dan karakter pasti cepat didirikan, di mana titik keyboardmengirimkan data ke komputer.

Pengolahan Data
Dari sisi prosesor, data input melewati buffer internal dalam memori keyboard dan kemudian ke komputer, baik melalui kabel internal, kabel USB, PS / 2 kabel atau sinyal inframerah. Setelah data mencapai komputer itu sendiri, sebuah sirkuit terintegrasi berjalan melewati sistem operasi komputer. Sistem operasi menentukan apakah input adalah perintah tingkat sistem, yang merupakan keystroke atau kombinasi dari penekanan tombol yang ditunjuk untuk melakukan fungsi sistem utama daripada mereka yang spesifik untuk setiap aplikasi yang mungkin berjalan. Sistem perintah tingkat dilakukan secara langsung, dan semua perintah lainnya diteruskan ke aplikasi berjalan saat ini. Aplikasi perangkat lunak kemudian menafsirkan apakah input adalah perintah aplikasi atau konten pengguna, dan melakukan fungsi pengguna yang diinginkan.

Jenis Keyboard

Keyboard komputer datang dalam beberapa tipe dan variasi, namun, elemen-elemen dasar yang sama di semua keyboard.

Jenis yang paling umum termasuk

- 101 atau 102-Key Keyboard ditingkatkan (ini adalah jenis populer keyboard sekarang digunakan hampir di semua unit sistem)

- 104-Key Keyboard

Umumnya, jenis layout keyboard yang disebut QWERTY (mengambil nama dari enam huruf pertama dari tombol mengetik) digunakan secara luas untuk keyboard bahasa Inggris.

Fungsi Dan Bagian Keyboard

Typing area

Ini terlihat dan diatur seperti mesin ketik tradisional di mana Anda menekan tombol abjad. Ini memegang karakter abjad seperti surat, karakter khusus dan angka. Ini adalah daerah yang Anda gunakan terutama ketika Anda melakukan pengolahan kata.

Fungsi tombol

Tombol fungsi yang terletak di bagian atas keyboard dan dikelompokkan menjadi empat. Ada 12 fungsi tombol mulai dari F1 sampai F12. Tombol ini digunakan untuk tujuan khusus dan kebanyakan programmer menggunakan tombol ini untuk melakukan tugas tertentu.

Misalnya, jika Anda menulis teks dengan Microsoft Word dan ingin membaca Help, Anda dapat menekan F1 untuk menampilkan Bantuan. Tombol F5 akan menampilkan Cari dan Ganti kotak dialog. Tombol F12 akan menampilkan kotak dialog Save As.

Tombol ini digunakan berbeda lagi di aplikasi lain, misalnya, jika Anda adalah pengguna dari AutoCAD, menekan F2 akan menampilkan jendela teks AutoCAD.

Demikian pula, Anda dapat memeriksa semua kunci dan bagaimana mereka melaksanakan tugas tertentu tergantung pada jenis aplikasi yang Anda jalankan. Sebagian besar aplikasi akan memberitahu padamanual dan panduan bagaimana tombol-tombol fungsi yang digunakan dalam aplikasi.

Umumnya, fungsi tombol akan sangat menguntungkan Anda jika Anda tahu bagaimana menggunakannya dengan baik. Lebih lanjut tentang cara pintas keyboard komputer ...

Tombol angka

Keypad numerik adalah bagian lain dari keyboard komputer. Biasanya, terletak di sisi kanan keyboard. Hal ini diatur seperti kalkulator standar yang digunakan untuk memasukkan data numerik.

Hal ini juga dapat digunakan sebagai tombol arah. Menekan tombol Num Lock di atas tombol numerik akan memberitahu apakah tombol berada pada mode angka atau pengarah. Jika aktif, maka pada mode numerik dan dapat memasukkan angka. Jika tidak aktif, itu adalah pada modus terarah dan hanya digunakan untuk memindahkan kursor di layar UP, Bawah, Kiri atau Kanan.

Kursor kontrol dan monitor

Ini adalah kunci ditemukan antara keypad mengetik dan keypad numerik. Ini memiliki dua kelompok kunci, diatur atas dan bawah.

Tombol atas memegang Insert, Home, Page Up, Page Down, Hapus, dan tombol End.

Masukkan switch utama antara insert dan mode overtype. Tombol Home akan membawa Anda kembali pada awal halaman. Page Up dan Page Down kunci membantu Anda untuk memindahkan satu halaman atau layar atas atau bawah. Hapus menghapus kunci teks atau halaman. Tombol Putus akan membawa Anda pada akhir halaman.

Tombol bawah adalah tombol arah independen, yang memungkinkan Anda untuk memindahkan kursor Kiri, Kanan, Atas dan Bawah. Status lampu, tombol Escape, Print Screen / SysRq, Scroll Lock, Pause / Break adalah pengguna untuk fungsi sering.

Misalnya, jika Anda menekan tombol Caps Lock pada keypad mengetik, itu Caps Lock Lampu Status memberitahu Anda bahwa hidup dan bisa mengetik huruf Modal. Anda menekan tombol Print Screen jika Anda ingin menyimpan Window saat ini sebagai gambar.

Ini adalah bagian ditemukan di keyboard komputer standar dan banyak digunakan di komputer desktop. Laptop dan Notebook jenis keyboard yang lebih kompak, tetapi baru-baru kita mulai melihat laptop yang telah mendedikasikan keypad numerik juga.

Selain bagian-bagian di atas, beberapa keyboard menggabungkan tombol tambahan. Tombol-tombol ini digunakan untuk mengaktifkan tindakan seperti tombol musik (play, pause, maju, mundur, berhenti dan bisu), bluetooth, e-mail dan sebagainya.
  • Mouse



Pengertian dari mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terhubung ke komputer baik melalui kabel / nirkabel. Mengapa dinamakan mouse? jawabannya adalah karena bentuk awal dari piranti ini menyerupai tikus. Selain itu, kabel yang menghubungkan mouse dengan komputer bentuknya mirip dengan ekor tikus. Sebagai tambahan informasi bagi pengetahuan kita, komputer pertama yang dijual satu paket bersama dengan mouse adalah jenis Xerox Star yang diluncurkan pada tahun 1981. Walaupun saat ini keberadaan mouse sudah banyak tergantikan dengan perangkat touchpad dimana semua fungsi dari mouse bisa dilakukan dengan menggunakan touchpad ini, namun masih lebih banyak user yang lebih memilih menggunakan mouse  daripada touchpad. 
Berikut ini adalah beberapa fungsi mouse:
  1. Memasukkan perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara menggeser - geser mouse di permukaan papan yang datar.
  2. Penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor
  3. Digunakan untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah0.
  4. Berfungsi untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll
  5. Mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang.
  6. Membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Terlebih bagi kita yang sering melakukan aktivitas mengedit foto atau membuat desain.
  7. Memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet
  8. Mengaktifkan command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi
  9. Untuk perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai tombol enter
  10. Mouse juga bisa berfungsi sebagai pengontrol perbesaran tampilan objek
  11. Mouse juga mampu berfungsi melakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer

2 comments: